Cara Kerja SEO Google Search Engine Pada Website

Cara Kerja SEO Google Search Engine Pada Website
Daftar Isi Artikel
Bagaimana cara kerja search engine menambahkan situs Anda pada indeks pencarian?

Dalam artikel ini akan dijelaskan terkait "cara kerja seo", proses yang dikerjakan mesin pencari untuk menentukan nilai kualitas halaman situs website yang akan ditampilkan pada hasil penelusuran Google (SERP).

Fetching

Fetching adalah proses awal yang dikerjakan robot (crawler atau spider) untuk melakukan pengunduhan/pengambilan semua data-data situs seperti teks, video, gambar, dan koding HTML.

Robots (e.g. GoogleBot) akan melakukan fetching pada semua website baru maupun lama. Namun sebagai webmaster, kita tidak mengetahui secara pasti kapan robot search engine ini berkunjung pada situs web.

Tapi itu bukan masalah, sebagian besar search engine pasti menyediakan produk Webmaster Tools, sebuah alat yang ditujukan kepada para pengembang dan/atau pemilik website untuk memantau dan meningkatkan kinerja situs.

Contohnya, fitur Fetch as Google pada Google Webmaster Tools / Search Console. Dengan memanfaatkannya, GoogleBot akan lebih cepat melakukan pengambilan data situs karena fungsi Fetch as Google adalah untuk memberi perintah (request) kepada robot google untuk segera mengunduh data website yang baru saja Anda bangun atau hanya sekedar melakukan pembaharuan kecil.

Dengan begitu, situs Anda menjadi lebih cepat diindeks pada hasil penelusuran google. Karena tidak menunggu robots datang, melainkan Anda yang mengundangnya.

Crawling

Setelah fetching, robot langsung melanjutkan tugasnya dengan melakukan crawling/merayapi semua tautan dalam situs (internal link) dan keluar situs (external link), namun crawler akan mengabaikan link dengan atribut rel="nofollow".

Berbarengan dengan crawling, robot juga bekerja untuk melakukan indexing.

Indexing

Pengindeksan/Indexing adalah proses membaca dan menyimpan data halaman website yang sudah difetching oleh robot untuk kemudian disimpan pada database mesin pencari.

Tempatnya pun tidak sembarangan alias sangat rapih, algoritme mesin pencari akan bekerja menentukan tempat bagi halaman website dengan cara mengindentifikasi keyword/kata kunci judul dan deskripsi halaman.

Baru setelah itu, search engine akan menyimpan situs Anda pada database yang sama dengan halaman web lain yang isi kontennya serupa dengan website Anda.

Processing

Disinilah SEO mulai bekerja dengan jelas. Jika proses-proses sebelumnya didominasi oleh robot, kali ini user/manusia mulai bergabung.

Ketika search engine menerima permintaan dari user dengan menuliskan “tujuan dan manfaat SEO untuk bisnis" pada kotak penelusuran, algoritma search engine akan membandingkan “tujuan dan manfaat SEO untuk bisnis” dengan kata kunci lain yang sudah diindeks sebelumnya.

Calculating

Setelah membandingkan, algoritma search engine akan melakukan calculating/menentukan data halaman website paling relevan sesuai dengan kata kunci yang dicari.

Retrieving

Langkah terakhir dalam sistem cara kerja SEO adalah Retrieving, yaitu proses pengambilan data halaman website paling relevan dengan kata kunci yang diberikan user dari database mesin pencari untuk ditampilkan pada halaman pertama hasil penelusuran.

Setiap hari, mesin pencari melakukan update kecil pada algoritmanya guna memaksimalkan relevansi website yang muncul di hasil penelusuran (SERP) agar benar benar tepat dan sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan